Bekerja Jujur, Bermain Cantik, Bukan Penjilat

Dalam lingkungan kerja kita, sering kita temui seseorang yang terlalu over-akting. Seseorang yang selalu mencoba bertindak seolah-olah dia adalah terhebat di depan atasan. Orang ini akan melakukan apapun untuk membuat atasan senang, meski dengan cara yang salah.

Seseorang yang saya maksud ini adalah orang yang selalu dipenuhi dengan rasa benci, yang selalu dipenuhi rasa yang membuat dia sendiri marah atau tidak nyaman ketika temannya berhasil dalam pekerjaannya. Orang seperti ini memiliki keunikan (atau boleh kita katakan : abnormal) terhadap perhatian pada kesuksesan orang lain. Dia cenderung berpikir bahwa kesuksesan seseorang akan mengakhiri mimpinya. Kekhawatiran yang tak beralasan ini menggerakkan dia untuk berbuat tidak baik pada orang lain. Dia akan melakukan apapun untuk membuat orang sekitarnya gagal meraih mimpinya sehingga dia akan menjadi terbaik dibanding yang lain. Seringnya, dia melakukan apapun dengan menggunakan cara kotor untuk mencapai tujuannya.

Ini tidak baik, kawan…

Kita tidak perlu melakukan semua itu untuk membuat mimpi kita menjadi kenyataan. Abaikan perasaan khawatir pada kesuksesan orang lain. Kita harus bahagia juga jika teman kita dapat meraih tujuannya. Kita malah boleh sekali merayakannya juga.,.. dan siapa tahu kita bisa mendapatkan keuntungan dari itu semua. Disamping itu, hidup tanpa kebencian itu akan terasa sangat damai, bukan begitu?

Cobalah untuk berpikir realistis. Orang arab mengatakan “..Man jadda wajada..” Artinya adalah jika seseorang mencoba dengan sangat keras untuk mencapai mimpinya, maka dia pasti berhasil. Tentu saja, jika dikerjakan dengan cara yang baik. Jadi jangan naïf,.. semua yang kita dapatkan sekarang adalah suatu berkah dan harus kita syukuri.

Kita harus ingat bahwa ketika kita gagal mencapai sebuah tujuan, kita harus berpikir bahwa bisa jadi usaha kita belum cukup sehingga kita harus bekerja lebih keras lagi, dan lagi. Jadi, kawan, jujurlah dalam bekerja,.. berusahalah berkompetisi secara adil.. Alloh Ta’ala akan memberi yang terbaik untukmu.. percayalah!!

3 thoughts on “Bekerja Jujur, Bermain Cantik, Bukan Penjilat”

  1. “asal bos senang”,yg mencurigakan malah bosnya tu..hoho…
    iya nih,dongkol bin juengkel klo ktmu org kek gt,..ikhlas tu jd stengah2,malah mengotori niat yg tadinya lurus2 sj,..
    lantas,gmn enaknya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s