Mengelola Kegelisahan

Kegelisahan adalah perasaan kekhawatiran dan takut tentang sesuatu yang mungkin terjadi. Kegelisahan dapat terjadi disebabkan oleh masalah yang terlalu banyak yang timbul dari masyarakat sekitar kita. Setiap orang dalam lingkungan kita yang memiliki hubungan dengan kita memungkinkan untuk dapat membuat kita merasa gelisah jika kita tidak dapat mengelola perasaan kita dengan baik. Untuk mengelola perasan ini kita harus selalu siap untuk menghadapi kenyataan, mencoba lebih ikhlas, tidak mudah panik, dan berpikir positif.

Saat kita menghadapi rasa gelisah, kita butuh kemampuan untuk menghadapi realita di depan kita. Anda harus mempersiapkan perasaan anda untuk mengahadapinya. Anda harus mengatakan, “Inilah waktu yang harus saya hadapi sekarang”. Pada masa lalu, seseorang mungkin ada masanya memiliki banyak uang, tapi sekarang, mungkin dia berada pada waktu dimana dia memiliki banyak hutang yang harus dia bayar. Atau mungkin pada masa lalu, kita menjadi orang yang dipersalahkan, dan sekarang kita malah menjadi orang yang dihormati. Kemarin, kita berada pada kondisi yang sehat, tapi sekarang kita harus menerima kenyataan bahwa kita sakit. Betapa beruntungnya kita jika saat kita menghadapi masalah kita bisa mengendalikannya dengan tidah mengatakan “uh.. saya berharap semua seperti dulu?!”, karena itu adalah kalimat sia-sia dan kita harus menyadari bahwa masa lalu telah pergi dan tidak akan kembali lagi. Satu satunya hal yang harus kita ucapkan adalah “sekarang adalah sekarang, dan saya akan menjadi orang yang lebih baik besok.” Itulah yang namanya semangat!

Cara yang ke dua yang dapat kita lakukan untuk mengatur rasa gelisah kita adalah mencoba untuk ikhlas. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, tapi jika kita mau lebih ikhlas saat kita menghadapi masalah, kita harus mencoba untuk menerapkannya setiap waktu. Kita bisa memulainya dari hal yang sepele yang berhubungan dengan kita. Misalnya, kita mencobanya dengan mengatakan “inilah saya, dengan semua kebaikan dan keburukan yang ada dalam hidup saya.” Kita juga dapat melakukanya dengan mencoba untuk membuat hati kita bebas dari harapan kosong, membuat pilihan dalam bersikap, dan focus. Membebaskan diri kita dari harapan sia-sia bukan berarti kita tidak memiliki  sebuah harapan, tapi kita harus berusaha mewujudkan harapan kita yang tetap disesuaikan dengan kapasitas kita. Membuat pilihan dalam sikap kita berarti mencoba untuk melakukan hal-hal positif yang membuat kita lebih baik dari sebelumnya. Dan terakhir, fokus artinya kita harus memperhitungkan setiap hal yang remeh yang tidak berhubungan dengan tujuan yang akan kita capai. Kita juga dapat meningkatkan kemampuan kita untuk lebih ikhlas dalam lingkungan kita, misalkan keluarga. Hidup bersama dengan orang yang sama selama 24 jam adalah hal yang tidak mudah. Sebenarnya, setiap orang dalam keluarga kita memiliki sikap, pilihan, hobi, dan karakter yang sangat berbeda. Konflik bisa timbul kapan saja jika kita tidak bisa mencoba untuk ikhlas. Keikhlasan dalam keluarga dapat muncul jika satu sama lain dapat saling menghargai.

Hal yang ketiga yang dapat kit lakukan untuk mengendalikan rasa gelisah adalah dengan tidak mudah panic dalam situasi apapun, meski dalam situasi yang berat. Sebagai contoh, seseorang yang berpikir bahwa dia tidak memiliki musuh, maka dia tidak perlu gelisah. Itu hanya perasaan yang sebenarnya sia-sia. Untuk orang yang telah pensiun, kegelisahan tidak akan menyelesaikan masalah. Pensiun adalah hal yang normal, sebab tidak ada yang bisa menghindar darinya. Alloh tidak akan mengabaikan orang yang telah pensiun sebab mereka juga milik Alloh. Barangkali gaji mereka yang telah pensiun tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan mereka, tapi bagaimanapun pensiun adalah takdir. Kita harus menghibur diri kita. Jangan panik! Kita harus tenang dan mengendalikan diri kita. Kita harus yakin bahwa Alloh akan menolong kita.

Keempat, cara untuk mengendalikan rasa gelisah adalah selalu berpikir positif. Setiap masalah yang kita hadapi selalu dalam takaran yang tepat, sesuai dengan kemampuan kita. Sebagai contoh, seorang murid SD tidak mungkin diberikan soal ujian untuk murid-murid SMA. Jika kira merasa sulit menghadapi ujian, mungkin karena kita belum belajar dan berusaha maksimal. Kita tidak perlu berpikir negative tentang segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita. Hal yang terpenting adalah segera menemukan solusi, bukan tergesa-gesa menyalahkan diri kita. Jika kita tidak bisa mengelola rasa gelisah kita dengan baik, maka hidup kita dalam masalah besar. Kadang ketika kita dalam sebuah masalah, kita selalu berpikir bahwa kita tidak dapat selamat. Pada akhirnya kita merasa bahwa kehidupan ini tidak berguna, dan bertanya-tanya kenapa hidup ini tidak adil. Jika kita berpikir positif setiap saat maka kita akan menemukan jawaban kenapa kita dipertemukan dengan masalah tersebut.

Singkatnya, banyak orang merasa tidak nyaman ketika mereka menghadapi masalah. Kegelisahan menjadi ancaman bagi mereka untuk keluar dari situasi itu. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengelola kegelisahan kita. Pertama, selalu siap untuk menghadapi kenyataan, kedua mencoba lebih ikhlas, ketiga tidak mudah panik dalam situasi apapun dan terakhir adalah selalu berpikir positif.

One thought on “Mengelola Kegelisahan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s