Tips untuk Pendatang Baru

Tinggal di beberapa tempat yang berbeda di dunia ini kadang membutuhkan energi ekstra. Butuh kekuatan, tidak harus besar, tapi halangan yang terjadi terkadang bisa membuat anda jatuh. Kita membutuhkan kekuatan yang selalu meniupkan harapan bila sering melakukan ini.

Ketika seseorang pergi ke tempat yang baru, lingkungan yang baru, tempat kerja yang baru, atau sekolah yang baru, mereka memiliki satu julukan baru, ‘NEWCOMER’ atau dalam bahasa Indonesia adalah ‘PENDATANG BARU’. Beberapa dari mereka disebut ‘nut’ newcomer, dan beberapa yang lain ‘great’ newcomer. Selalu ada perbedaan yang jelas antara keduanya. Seorang ‘nut’ akan gagal untuk menyesuaikan diri dengan dunianya yang baru dan seorang ‘great’ bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang baru, karena mereka adalah pemenang. Saya tidak akan mengatakan apapun tentang seorang ‘nut’ tapi kita akan bahas lebih jauh tentang seorang ‘great’. Anda ingin menjadi yang ‘great’ bukan?

Menjadi seorang ‘great newcomer’, sebenarnya bukan perkara yang susah, bahkan anda bisa mengatakan itu mudah, sangat mudah. Tapi terkadang, seseorang tidak berhasil, mungkin karena dia belum mengetahui peraturannya. Ada beberapa peraturan dasar yang harus mereka pahami. Saya akan mencoba untuk menyampaikannya satu per satu.

Peraturan No. 1
Berpikir positif,
Sebagian besar pendatang khawatir saat menghadapi situasi yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya. Mereka sering berpikir, “..Aduh, pasti nanti akan begini dan begitu…” mereka kalah sebelum bertanding,.. anda tidak ingin melakukannya, bukan? Jadi angkat kepalamu dan katakan “..Aku akan tetap menatap ke arah sinar matahari, sebab aku ingin bayanganku jatuh di belakangku, Aku pasti bisa..” Ya, anda pasti bisa! Ada banyak harapan di luar sana yang menunggu anda..

Peraturan No. 2
Raih semangatmu,
Anda harus ingat bahwa menjadi ‘geat newcomer’ membutuhkan energi ekstra. Jadi, anda harus mendapatkan energi sebanyak mungkin. Anda harus mengatakan “..Aku penuh semangat, Aku siap untuk hadapi tantangan ini..” Masa depan di luar sana. Mimpi anda pun di luar sana. Mimpi tidak akan menghampiri anda, karena anda lah yang harus menjemputnya.

Peratusan No. 3
Pelajari aturan sekitar,
Ketika anda sampai di tempat baru, anda harus belajar segala sesuatu tentang sekitar sebanyak mungkin. Ketika anda memahami sekitar maka anda dapat membuat beberapa strategi untuk menghadapi hambatan yang mungkin terjadi. Anda harus ingat bahwa orang yang menang tidak selalu harus yang lebih kuat, tapi mereka yang paling memiliki strategi.

Peraturan No. 4
Tunjukkan sikap yang baik
Orang jawa di Indonesia mengatakan “..negara mawa tata, desa mawa cara..” Artinya dimanapun anda tinggal, anda harus mengerti aturan masyarakat di lingkungan tersebut. Tunjukkan perilaku yang santun. Anda harus memperkenalkan diri anda dengan tenang. Kadang, ketika anda sedang tidak sibuk, anda dapat meluangkan waktu sejenak untuk membaur dengan penduduk asli di sana. Jangan hanya berdiam saja. Ajak mereka berbincang-bincang, sambil minum teh dengan percakapan yang santai.

Peraturan No. 5
Jangan Pelit,
Ya, anda tidak boleh pelit. Kadang, uang yang sedikit dapat membuat semua berjalan baik. Makan bersama dengan teman baru anda dan buatlah hubungan yang hangat. Menraktir teman anda makan tidak akan membuat anda jatuh miskin, bahkan akan membuat anda semakin kaya dari sebelumnya, percayalah!!

Peraturan No. 6
Tetap tenang,
Kadang, walaupun kita telah menjalankan semuanya dengan baik, tetap ada beberapa respon negatif dari orang-orang yang tidak menyukai anda. Tapi tidak masalah, jangan khawatir, semua akan baik-baik saja,.. selama anda melakukan hal yang benar, tetap lakukan. Selalu ingat bahwa “..anjing yang menggonggong tidak akan menggigit..”

Itulah hal-hal dasar tentang cara menjadi pendatang yang baik, dan tentu saja, anda dapat mengembangkan peraturan-peraturan tersebut sesuai cara anda. Jadilah kreatif, ok?

Hey, saya mengatakan ini bukan berarti saya sudah sangat sempurna, tapi anda bisa mencoba aturan-aturan itu untuk membuat hidup anda lebih nyaman. Semoga beruntung, semoga hari anda lebih baik..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s