Bahagia-lah!

William Feather mengatakan, “..Tidak ada orang yang gagal, selama orang itu menikmati hidupnya..”

Saya ingin bertanya pada anda,
Apakah anda bahagia? Dengan kehidupan anda?

Ada banyak orang di dunia yang kejam ini merasa tidak bahagia. Mereka cenderung mengeluh. Mereka selalu mengeluh tentang hidup mereka. Ketika mereka kecelakaan, mereka selalu menyalahkan orang lain. Mereka selalu mencari siapa yang bersalah atas sesuatu yang tidak menyenangkan yang terjadi pada mereka. Sudut pandang mereka terlalu sempit. Terlalu sederhana. Sebenarnya dunia ini tidak sesederhana yang mereka bayangkan. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari, khususnya yang berkaitan dengan kehidupan itu sendiri.

Akan lebih baik jika kita memulai hari kita dengan senyum yang tulus, menyapa semua orang dengan senyum yang indah. Sangatlah menyenangkan jika kita melihat orang lain tersenyum, bukan? Jadi, kenapa tidak kita coba memulai hari kita dengan senyum yang indah? Kita bisa membuat dunia ini menarik jika kita bisa membuat orang lain tersenyum.

Hidup ini pantas untuk disyukuri. Sungguh menarik ketika kita menyadari bahwa kita tidak membayar satu dollar pun untuk bernafas. Kita tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk mengedipkan mata. Alloh memberi kita segalanya, kemampuan untuk melihat betapa indahnya matahari tenggelam, kemampuan untuk mencium wangi bunga,… segalanya yang bila kita sadari dan kita pikirkan, hanya akan membuat rasa syukur timbul dari dalam hati kita.

Memang terkadang kita mendapat sebuah musibah. Terkadang pula kita merasa berat untuk menghadapi semuanya, berat untuk menghadapi dunia yang kejam ini. Bagaimanapun, tidak peduli seberapa berat musibah yang kita almi, kita harus menyadari dan percaya bahwa masih ada banyak hal di dunia ini yang pantas kita syukuri.

Ketika hidup mulai berat bagimu, berbagilah dengan kekasih atau sahabat kita tentang perasaan kita. Memang ada beberapa hal yang tidak mungkin kita bagi, tapi tetaplah mencoba diskusikan apa yang kita alami. Anda bisa membagi tentang pengalaman ketika anda berlayar, anda juga bisa menceritakan apa yang anda peroleh dari memancing, anda bisa menceritakan apapun.. dan saya yakin bahwa dampak dari diskusi ini adalah sangat luar biasa. Hasilnya sungguh-sungguh indah.

Ini adalah tentang hatimu, dan hati orang-orang yang tinggal di dunia yang unik, tempat kita bernafas ini.

2 thoughts on “Bahagia-lah!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s