Marah adalah Pilihan

Marah adalah perasaan yang muncul karena sesuatu yang  tidak sesuai dengan pandangan yang seseorang miliki. Beberapa orang mengatakan bahwa marah adalah jenis perilaku yang menunjukkan pada orang lain bahwa seseorang telah merasa disakiti oleh sesuatu atau seseorang yang lain.

Marah memiliki dampak bagi yang merasakannya. Kadang, marah membuat kita merasa penuh semangat, penuh dengan hal-hal yang membuat kita hebat. Di lain pihak, marah dapat membuat seseorang kehilangan akal dan melakukan hal-hal yang buruk pada masalah lain yang juga dia hadapi.

Marah, sering disebabkan karena tekanan pada pekerjaan atau hidup, kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman keras atau mengkonsumsi narkoba.. atau mungkin disebabkan oleh lingkungan sosial tempat seseorang tinggal.

Marah, kadang membuat efek yang sangat baik seperti meningkatkan produktifitas (ketika seseorang bisa mengendalikannya, dalam kasus tertentu), di sisi lain, marah membuat kerusakan yang lebih parah pada hidup seseorang. Kita harus tahu bahwa marah dapat membahayakan jantung dan paru-paru. Itu benar. Anda bisa menanyakan pada seorang dokter untuk membuktikannya. Dalam interaksi sosial, marah bisa menyebabkan orang kehilangan sahabat atau teman. Karena tidak ada satupun orang yang bersedia berteman dengan pemarah. Marah menimbulkan kebencian. Ketika kita marah, seseorang dapat membenci kita, entah tampak atau tidak.

Adalah hal yang sangat lucu ketika seseorang, mungkin Boss atau atasan, terlalu sering marah hanya karena dia ingin menonjolkan posisinya. Sebab ketika seorang atasan marah, maka dia akan kehilangan karisma, aura, atau sesuatu yang membuatnya dihormati. Bagaimanapun, karyawan hanya akan semakin menggosipkan dan membicarakannya di belakang.

Secara keseluruhan, efek buruk dari marah jauh lebih banyak dari dampak positifnya. Tergantung kita apakah akan menyikapi dengan marah atau tidak terhadap sesuatu yang tidak menyenangkan yang akan kita hadapi. Selalu ingat bahwa “..Segala sesuatu yang sedang terjadi adalah hasil dari setiap pilihan yang kau ambil di masa lalu..” (Deepak Chopra)

Jadi, segera membuat pilihan, apakah memilih untuk marah, atau tidak.. masa depan menanti.. pilihlah dengan bijak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s