Kekuatan Lebih = Tanggungjawab Lebih

Sebuah hal yang biasa, jika suatu hari kita akan meningkatkan taraf hidup kita. Suatu hari nanti, kita akan dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi. Kita akan dipromosikan ke posisi yang membutuhkan energi lebih, perhatian lebih dan pengorbanan lebih. Hidup kita sangat fluktuatif, seperti sebuah rollercoaster. Kadang kita jauh di atas awan, tapi kadang kita di tempat terendah yang belum pernah kita perkirakan sebelumnya.

Suatu hari, kita berada di tempat yang situasinya jauh berbeda dengan yang kita tempati sekarang. Kadang hal itu membuat kita senang, tapi terkadang malah membuat kita frustasi. Semua tergantung bagaimana kita menyikapinya. Jika kita sikapi dengan positif, maka hidup kita akan mengalir dengan bahagia.

Kadang, meski kita telah mencoba menghadapi dengan sangat positif, kita masih bisa merasa frustasi dengan kondisi sekitar. Kita harus menyadari bahwa kita tidak selalu bisa memaksa dunia ini sesuai yang kita harapkan. Sebaliknya kita yang harus menyesuaikan dengan melakukan segalanya semaksimal mungkin dengan tidak mengesampingkan aturan-aturan yang telah ada, yaitu aturan yang terdapat dalam Alqur’an dan Sunnah.

Ketika kita meraih posisi yang lebih tinggi, tanggung jawab yang kita miliki juga semakin tinggi. Kita harus menyesuaikannya. Kita harus bersikap dengan lebih bertanggung jawab. Inilah waktunya ketika kita harus memperhatikan segala sesuatu di sekitar kita. Tempat kita, teman kita, dan staff kita. Kita harus mulai menaruh perhatian lebih pada hal yang menjadi tanggung jawab kita, karena saat kita di posisi lebih tinggi, sebagai contoh seorang manager, kesalahan kecil saja dapat membuat kita terlempar dan kehilangan kepercayaan dari orang lain.

Ketika kita di posisi lebih tinggi, kita harus memperhatikan bahwa kesejahteraan staff kita adalah prioritas utama. Ini adalah sebuah keharusan, karena tanpa staff, kita tidak bisa melakukan apa-apa. Kita harus memberi perhatian lebih pada kehidupan mereka. Alangkah baiknya bila kita bisa mencoba pergi bersama dengan staff kita, mengenal keluarga mereka dan memberi hadiah atas pekerjaan mereka. Semua ini tentu saja dapat menjadikan peranan kita, sebagai seseorang yang memiliki posisi lebih tinggi, menjadi semakin baik.

Kadang, kepemimpinan kita tidak berjalan mulus. Cobalah semaksimal mungkin. Ya, mencoba, dan mencoba.. “..Jika kamu yakin pada apa yang kamu lakukan, maka jangan biarkan ada yang menahanmu. Banyak pekerjaan-pekerjaan terbaik di dunia ini berhasil setelah  melawan semua ketidakmungkinan..” (Dale Carnegie)

Jadilah pemimpin yang baik..
Dunia ini butuh perubahan, menuju yang lebih baik, dan itu berasal dari kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s