” Merokok itu Hak Asasi Setiap Orang “

Benarkah?

Berdasarkan berita yang tertulis pada link di bawah ini :

http://us.news.detik.com/read/2012/04/18/124638/1895222/10/ruang-khusus-merokok-ketua-mk-merokok-hak-asasi-setiap-orang

Ketua MK Mahfud MD mengatakan bahwa “Merokok itu hak asasi setiap orang,”.

Berikut ini adalah screenshot beritanya :

Apakah benar merokok itu adalah termasuk dalam hak asasi manusia? Saya benar-benar penasaran dengan yang diungkapkan oleh ketua MK tersebut. Makanya kemudian saya mencari-cari bahan di beberapa tempat untuk menjawab rasa penasaran saya itu.

Pencarian bahan tentang Hak Asasi Manusia (HAM), hasilnya adalah sebagai berikut :

1. Pengertian Hak Asasi Manusia
Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia (Pasal 1 angka 1 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM).

2. Pelanggaran Hak Asasi Manusia
Pelanggaran Hak Asasi Manusia adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-undang, dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku (Pasal 1 angka 6 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM).

Bagaimanapun kita tahu, dan saya yakin banyak yang setuju bahwa merokok itu merugikan, dan bukti secara kesehatan sudah banyak, baik merugikan diri sendiri maupun merugikan orang lain. Merugikan diri sendiri berarti merokok bertentangan dengan klausa “perlindungan harkat dan martabat manusia” seperti yang termaktup dalam Pengertian Hak Asasi Manusia, karena salah satu bagian dari harkat dan martabat manusia adalah manusia diharuskan menjalankan apa yang diperintahkan oleh agama, dan salah satu perintah dalam setiap agama di dunia ini adalah agar manusia mempelihara dirinya dari hal-hal yang merugikan diri sendiri.

Merokok juga merugikan orang lain karena jelas asap rokok dapat mengganggu pernafasan orang di sekitarnya, dan ini berarti merokok adalah salah satu bentuk Pelanggaran Hak Asasi Manusia sesuai dengan klausa “..mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang..”, ini jelas karena merokok membatasi dan menghalangi Hak Asasi Manusia untuk bernafas dengan lega.

Lalu saya semakin merasakan ada yang aneh dengan pendapat Bapak Mahfudz MD tersebut. Bagaimana mungkin merokok bisa dikatakan sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia?

Dalam berita yang sama dituliskan bahwa, mantan legislator Komisi IX yang menyusun UU Kesehatan, dr Hakim Sorimuda Pohan SpOG mengatakan bahwa “Waktu saya dulu menyusun undang-undang ini, filosofinya yang kita hormati adalah yang menjadi hak asasi manusia. Kalau merokok itu bukan bagian dari HAM,”

Jadi menurut anda, Bapak Mahfudz MD yang notabene adalah Ketua MK, yang harusnya memahami setiap Undang-Undang di negara ini, mengapa masih mengatakan bahwa “Merokok itu hak asasi setiap orang,” ?

Ini adalah sebuah tanda tanya besar,…

4 thoughts on “” Merokok itu Hak Asasi Setiap Orang “”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s