Dakwah yang Menunggu

Dakwah, haruskah menunggu?

Kenyataan menyedihkan di dunia dakwah saat ini, salah satunya adalah bahwa dakwah haruslah menunggu. Kader-kader dakwah hanya menunggu perintah dari, katakanlah, atasan, untuk bergerak. Jika atasan tidak memerintahkan kader dakwah untuk bergerak, maka kader dakwah hanya diam dan menunggu. Bahkan, ide-ide menarik yang bermunculan di forum-forum dakwah hanya menguap menjadi sebatas wacana, panas di diskusi, kandas sebelum eksekusi.

Sisi baiknya adalah, karena perintah hanya mengalir dari satu sumber saja, tentunya, ini akan menjaga kesolidan suatu pergerakan dakwah.

Sisi buruknya adalah bahwa pada akhirnya, dakwah ini akan ketinggalan daripada gerakan-gerakan lain. Kenapa? Karena Dakwah yang seperti ini tidak akan berkembang dengan baik. Gerakan dakwah yang merupakan gerakan besar, hanya dipikirkan oleh satu atau sekelompok orang saja. Maka hambatan ini nyata.

Lalu apakah kader-kader dakwah harus dibebaskan untuk mengambil inisiatif sendiri-sendiri? tidak juga. Dakwah ini tetap harus terorganisir dengan baik. Oleh karena itu, permasalahan ini harus dijembatani.

Jembatan itu adalah bahwa dakwah tidaklah harus menunggu, tapi tetap terkoordinasi. Salahsatunya adalah dengan pembuatan semacam bank aspirasi/ide, yang dikelola oleh para atasan dalam dakwah, untuk menyerap ide-ide segar dari para kader dakwah. Dari bank aspirasi tersebut, maka para atasan bisa memilah-milah, mana ide yang baik untuk inovasi pergerakan dakwah selanjutnya dan mana yang tidak.

Kader dakwah yang jumlahnya jutaan ini, tentunya mempunyai ide sebanyak jutaan juga, atau bahkan lebih. Ini adalah potensi tak kentara yang luar biasa sebuah gerakan dakwah yang seharusnya benar-benar dikelola dengan baik.

Mohon dikoreksi jika pada tulisan di atas ada yang salah.

Semoga gerakan dakwah ini selalu berkembang ke arah yang selalu lebih baik.
aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s