Memahami Pengertian Obsessive-Compulsive Disorder

Akhir-akhir ini saya sedang tertarik dengan sebuah kelainan jiwa yang bernama Obsessive-Compulsive Disorder a.k.a. OCD. Saya sendiri baru tahu istilah ini setelah ada berita yang menyatakan bahwa salahsatu pemeran karakter utama dalam film Harry Potter ternyata mengalami ini.

Secara bahasa, sebenarnya Obsessive (obsesif) itu berarti keinginan seseorang yang kuat terhadap sesuatu. Jadi ketika anak gadis kelas satu SMA naksir dengan kakak tingkatnya, si anak gadis tersebut bisa disebut sebagai seseorang yang mengalami obsessive, atau katakanlah terobsesi. Nah, sedangkan compulsive itu artinya ternyata secara bahasa berarti istiqomah! jadi misalkan begini kalimatnya “si Joni itu sangat compulsif (compulsive) dalam menjaga kerapian kamarnya”. Jadi compulsif juga berarti perilaku teratur dan konsisten terhadap suatu kegiatan tertentu.

Akan tetapi, dalam dunia kesehatan jiwa ternyata obsesif dan compulsif ini ternyata berarti lain. Obsesi ternyata diartikan sebagai pikiran yang tidak diinginkan yang seringkali datang rutin terus-menerus yang seringkali membuat orang yang mempunyai obsesi ini merasa tidak nyaman. Jatuh Cinta, menurut saya adalah bagian dari perilaku obsesif ini. Sedangkan Kompulsif diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh obsesi.

Obsessive dan Compulsive ini sebenarnya normal terjadi pada banyak orang. Hanya saja hanya bisa dikatakan menjadi Disorder, hanya jika keberadaannya benar-benar mengganggu kehidupan orang yang mengalaminya.

Sementara ini, berdasarkan bahasan di atas, OCD ini sepertinya yang diserang adalah ketenangan pikiran dan hati. Jadi solusi awal mungkin adalah dzikrullah dan sholat malam kali ya. Saya percaya bahwa mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah salah satu cara terbaik dalam menjaga ketenangan pikiran dan hati.

Ohya, saya bukan psikiater, yang di atas itu cuma sok tahu aja, asal analogi aja. Jadi jika di antara anda ada yang mengalami gejala yang sama, psikiater adalah seseorang yang sebaiknya anda temui.

Semangat! ^_^

About these ads

3 thoughts on “Memahami Pengertian Obsessive-Compulsive Disorder”

  1. itu yang saat ini sdg saya alami,saat suamii tak ada kabar,saat dia jauh dg saya krn dia bekerja d jkt
    setiap hari yg saya pikirkan hnya dia smuanya jadi tak wajar krn saya mnjdi tertekan pikiran dan perasaan saya,karena pikiran jelek sllu datang dan saya tak kuasa mengontrolnya dan akhirny kami pun bertengkar,dan hubungan kami jadi renggang karena sulit sekali tuk membangun lagi rasa percaya thd suami

    1. Mbak, coba mbak bicarakan baik2 sama suami, terkait dg solusi ini semua…
      Karena Mbak dan Suami tentu ndak ingin bertengkar terus selamanya…
      Usul saya, Mbak ikut Suami kerja dimanapun, ato Suami tinggalkan pekerjaannya untuk bisa menghindari LDR…

      Saya sendiri ndak tahan LDR Mbak, makanya saya tinggalkan kerjaan yg lama agar bisa pulang ketemu istri tiap hari… kebersamaan adl yg utama…

  2. hi sir i am here again i want to asked about my family, Sir last year i asked you how to bring my family here in Saudi Arabia, and then you send me very nice and easy procedure, and now sir i want to asked question that will help me a lot again the same before you help me, sir i want to asked is it my new born 2 months baby still need a passport for him to go back to Philippine with his Mother, (my wife ) it like emergency exit because my wife need Medical attention, the other documents of the baby its complete, birth certificate, and hospital records from the hospital, waiting only for the passport but the passport it will took 2 moths before the release, so now i want to asked can they get exit my wife and baby only?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s