Cara Sederhana Memperkuat Daya Ingat

Image

Setiap hari kita mengalami pengalaman hidup yang berbeda-beda, maksudnya, apa yang terjadi hari ini tentu berbeda dengan yang kemarin. Segala sesuatu yang terjadi pada diri kita ini akan kita simpan dalam otak kita. Sayangnya otak kita ini terbatas, jadi kira-kira sebuah memori dianggap tidak penting, maka memori ini terbuang, sebaliknya, memori yang kita anggap penting, biasanya tersimpan dengan baik.

Ada hal yang menarik di sini, otak kita ini ternyata lebih mudah mengingat yang buruk-buruk, sesuatu yang negatif. Memori negatif benar-benar mudah sekali terjebak dan tidak bisa keluar dari otak kita. Ini mungkin adalah sebuah mekanisme insting manusia untuk melindungi diri dari hal yang tidak diinginkan. Misalkan saja pada suatu hari kita terpeleset di kamar mandi, kejadian ini ternyata terekam sebagai memori negatif dalam otak kita, maka ketika suatu saat nanti kita pergi ke kamar mandi lagi, kita akan jauh lebih hati-hati. Bandingkan ketika kita berkenalan dengan orang yang biasa-biasa saja, wajahnya biasa, penampilannya biasa dan yang lain sebagainya yang juga biasa, maka ketika suatu saat kita bertemu dengan dia lagi setelah sekian waktu, maka kita akan melupakannya dengan sangat mudah.

Dari analisis di atas, saya jadi menyimpulkan bahwa sebenarnya manusia sangat mementingkan keselamatan dirinya, daripada sekedar mengingat seseorang yang kita kenal sebagai seseorang yang biasa yang juga kita anggap sebagai orang biasa.

Tiga paragraf yang saya tulis di atas bisa anda analogikan ke dalam kehidupan anda, dalam segala hal. Misalkan dalam hal : Mengingat surah-surah dalam Al Qur’an. Selama kita menganggap Al Qur’an sebagai suatu hal yang biasa-biasa saja, maka kita tidak akan mampu mengingatnya dengan baik. Berbeda halnya ketika kita menganggap Al Qur’an sebagai suatu hal yang luar biasa, meyakini bahwa Al Qur’an akan menjadi penolong kita, saksi kita dalam kebaikan ketika kita dikumpulkan pada yaumul hisab nanti, maka tentu kita akan memperlakukan Al Qur’an dengan baik, dan mampu mengingatnya dengan baik. Ketakutan kita akan betapa payahnya kita nanti, jika ketika kita menghadap Allah SWT kelak, kita dalam keadaan belum memiliki ingatan/hafalan yang baik akan surah-surah dalam Al Qur’an, bisa kita ubah menjadi sesuatu hal yang super positif untuk kehidupan kita.

Teknik mengingat ini bisa disebut sebagai “memanfaatkan memori negatif dan meletupkannya menjadi hal positif”.

Semoga hari anda menyenangkan,… aamiin

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s