4 Tips Menghadiri Reuni

Reuni, adalah sebuah fenomena yang terjadi menyusul adanya musim mudik di Indonesia. Sebuah kegiatan yang biasanya digunakan untuk menjalin silaturahim yang telah lama putus, sehingga bisa erat lagi ini adalah suatu yang hal yang wajib diadakan ketika akhir lebaran atau setelah lebaran Idul Fitri.

Reuni adalah suatu hal yang sangat menyenangkan, hanya saja dari sebuah sisi, kadang kala reuni bisa jadi sangat menyakitkan. Tujuan reuni memang baik, tapi jika kita tidak berhati-hati, jangan-jangan malah menyebabkan ada pihak tertentu yang sakit hati.

Sebagian orang memutuskan untuk tidak ikut reuni karena masalah ketidakpercayaan diri, walau sebagian besar memang karena ada halangan, entah karena kerja atau acara keluarga. Yang kita akan bicarakan adalah yang alasannya karena ketidakpercayaan diri, karena minder.

Tidak jarang reuni jadi ajang pamer kemapanan, setiap orang yang menunjukkan apa yang ia peroleh selama mereka berpisah, walau sebenarnya tujuan utama reuni adalah silaturahim. Nah, jika reuni sudah menjauh dari tujuan utamanya, maka sebaiknya kita berhati-hati, jangan-jangan reuni malah jadi pemutus silaturahim.

Berikut ini adalah tips mengikuti reuni :

1. Berdandanlah sewajarnya.
Walau anda kaya raya, tidak perlu lah itu semua perhiasan emas dipakai trus ditunjuk-tunjukkan. Jika punya HP bagus-mahal-bergengsi, tidak perlu lah mainan HP melulu waktu reuni, kan tujuannya silaturahim, bukan mainan HP.

2. Hindari pertanyaan sensitif.
Pertanyaan yang kadangkala berpotensi bikin orang sensitif dan minder bagi kalangan tertentu antara lain :
a. Gimana kerjaanmu?
b. Sudah punya anak berapa?
c. Kapan nikah?
d. Kok masih begitu-begitu aja?
dan pertanyaan yang mengarah ke pribadi lainnya.

3. Obrolkan tentang masa lalu
Tentunya anda punya kenangan yang luar biasa di waktu yang lalu bersama teman-teman yang mengikuti reuni, entah kenangan lucu, kenangan memalukan maupun kenangan yang membanggakan yang bisa menyebabkan anda semua tertawa bersama-sama.

4. Obrolkan tentang masa depan
Maksudnya adalah bahwa reuni/silaturahim ini dijadikan sebagai ajang untuk membangun masa depan bersama-sama. Obrolan bisa berupa masalah kemungkinan bisnis bersama atau investasi.

Nah, saya rasa sekian dulu, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.
Met reuni dan semangat!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s